1. Kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, sains-sains hayati dan/atau material, teknologi informasi, dan kerekayasaan untuk membangun pemahaman prinsip-prinsip kerekayasaan secara utuh?
  2. Kemampuan merancang komponen, sistem, dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan tertentu, dengan dihadapkan pada kendala-kendala realistik seperti kendala legal, ekonomi, lingkungan hidup, sosial-politik, kesehatan dan keselamatan, serta keberlanjutan, serta mempertimbangkan dan/atau memanfaatkan potensi sumberdaya lokal dan nasional dalam perspektif global?
  3. Kemampuan merancang dan melaksanakan percobaan di laboratorium dan/atau lapangan, serta menganalisis dan menginterpretasikan data untuk memperkuat daya nalar kerekayasaan?
  4. Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, dan menyelesaikan permasalahan kompleks kerekayasaan?
  5. Kemampuan menerapkan metode, kecakapan, dan peranti kerekayasaan mutakhir yang diperlukan untuk praktik kerekayasaan?
  6. Kemampuan berkomunikasi dengan efektif, baik secara verbal maupun tertulis?
  7. Kemampuan merencanakan, menuntaskan, dan mengevaluasi tugas-tugas dalam kendala-kendala yang tertentu?
  8. Kemampuan bekerja dalam tim-tim multidisipliner dan multikultural?
  9. Kemampuan untuk bersikap akuntabel dan bertanggungjawab kepada masyarakat, dan berpegang pada etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan kerekayasaan?
  10. Kemampuan untuk memahami kebutuhan bagi pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses ke pengetahuan isu-isu kontemporer yang relevan?
  11. Kemampuan untuk mengaplikasikan ketrampilan kewirausahaan berbasiskan teknologi dan sumber daya alam.